Nilai tambah dan tumbuh membuat
anda tampil berbeda diantara kompititor-kompititor anda. Tahapan seleksi
penerimaan calon pegawai baru dalam sebuah perusahaan, pada dasarnya telah
dimulai pada saat kita mengirimkan surat lamaran. Pada tahap tersebut, anda
harus mampu menyingkirkan ribuan pelamar yang laindengan ‘mengetuk pintu’ HRD
agar memilih dan memanggil anda untuk melakukan tes selanjutnya. Berikut ini
akan disampaikan 5 Tips unggul bersaing dengan kompititor lain dalam mencari
kerja:
- Pendidikan ; sebelum melihat spesifikasi lain, hal yang pertama kali dilakukan HRD adalah melihat latar belakang pendidikan formal anda, apakah telah sesuai dengan kebutuhan mereka, baru kemuadian perguruan tinggi asal pendidikan anda.
- Sertifikat. Factor lain yang akan dipertimbangkan HRD adalah sertifikasi khusus dalam bidang tertentu.
- Bahasa; untuk melihat nilai tambah dibandingkan pelamar yang lain, artinya anda mengusai satu/ lebih bahasa asing secara aktif.
- Pelatihan, seperti diketahui bersama bahwa bangku kuliah saja tidak akan memberikan bekal amunisi yang cukup untuk bertempur dalam dunia kerja. Makin banyak pelatihan yang sejalan dengan kualifikasi anda, akan makin memudahkan langkah anda masuk dalam tahap seleksi selanjutnya.
- Organisasi; pengalaman berorganisasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar