Senin, 31 Oktober 2011

Penilaian Prestasi Kerja Karyawan


 Pengertian PPKK
Evaluasi yang sistimatis terhadap pekerjaan yang telah dilakukan oleh karyawan dan ditujukan untuk pengembangan (Andrew F.Sikulla)
Atau
Penilaian prestasi kerja merupakan prosedur yang formal dilakukan dalam organisasi untuk mengevaluasi pegawai dan sumbangan serta kepentingan bagai pegawai. (Dale Yoder)

Arti penting penilaian PKK
Click here to view more
  • Penilaian prestasi ini merupakan evaluasi terhadap perilaku, prestasi kerja, dan potensi pengembangan yang telah dilakukan.
  • Penilaian pada dasaranya merupakan suatu proses mengestimasi dan menentukan nilai keberhasilan pelaksnaan tugas para karyawan.
  • Penilaian prestasi ini dibandingkan realisasi nyata dengan standard yang dicapai karyawan
  • Penilaian prestasi dilakukan oleh manajer terhadap bawahannya.
  •  Penilaian prestasi ini akan menentukan kebijaksanaan selanjutnya.

Ruang Lingkup Penilaian Prestasi Kerja Karyawan
  • Apa yang dinilai ; yang dinilai perilaku dan prestasi karyawan seperti kesetiaan, kejujuran, kerja sama, kepeminpinan, loyalitas, pekerjaan saat sekarang, potensi ayng akan dating, sifat, dan hasil kerjanya. 
  •  Kenapa dinilai ;
-          Untuk menambah tingkat kepuasan para karyawan, dengan memberikan pengakuan terhadap hasil kerjanya.
-          Untuk membantu kemungkinan pengembangan personil bersangkutan
-          Untuk memelihara potensi kerja
-          Untuk mengukur kemampuan dan kecakapan karyawan
-          Untuk mengumpulkan data guna menetapkan program kepegawaian selanjutnya.
  • Dimana penilaian dilakukan ; di dalam pekerjaan secara formal dan di luar pekerjaan secara formal dan informal.
  • Kapan penilaian dilakukan ; Kalau formal secara periodic, dan kalau informal secara terus menerus.
  • Siapa yang akan dinilai ; semua tenaga kerja yang melakukan pekerjaan di dalam organisasi perusahaan.
  • Bagaimana menilainya ;  metode penilaian dilakukan ada 2 yakni; metode tradisional  dan metode modernengukur
Metode tradisional
1.       Rating scala ; karakteristik sumberdaqya manusia
2.       Employee comparation ; metode penilaian yang dilakukan dengan cara membandingkan antara seseorang pekerja dengan pekerja lainnya.
3.       Check list ; memberikan masukan /informasi  bagi personalia.
4.       Freeform essay; membuat keterangan yang berkenaan dengan orang/ karyawan yang sedang dinilai.
Metode modern
1.       Assessment centre; metode penilaian dengan membentuk tim khusus, cara penilaian ini dilakukan dengan wawancara.
2.       Management by objective (MBO); karyawan diikutsertakan dalam perumusan dan pemutusan persoalan dengan memperlihatkan kemampuan bawahan dalam menentukan sasarannya masing-masing yang dilakukan pada pencapaian sasaran perusahaan.

Tujuan dan kegunaan penilaian prestasi kerja
1.       Sebagai dasar dalam pengambilan keputusan yang digunakan untuk promosi dll
2.       Untuk mengukur prestasi kerja
3.       Sebagai dasar untuk mengevaluasi efektifitas seluruh kegiatan
4.       Evaluasi program latihan dan efektifitas jadwal kerja, metode kerja, struktur organisasi dll
5.       Indikator menentukan kebutuhan akan latihan bagi karyawan yang berada dalam organisasi
6.       Sebagai alat untuk meningkat motivasi kerja karyawan sehingga dicapai tujuan untuk mendapatkan performance kerja yang baik.
7.       Dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar